Cari Blog Ini

Laman

Minggu, 16 Oktober 2011

apa perbedaan ilmu sosial dengan ilmu pengetahuan sosial ?

Perbedaan ilmu pengetahuan sosial dengan ilmu sosial yaitu terletak pada tujuannya yakni:
  a.  IPS bukanlah suatu disiplin ilmu seperti halnya Ilmu Sosial tetapi IPS lebih tepat sebagai bidang Kajian, yaitu suatu kajian terhadap masalah-masalah kemasyarakatan.
b.      IPS menggunakan pendekatan Multidisiplin atau interdisiplin, sedangkan Ilmu Sosial menggunakan disiplin ilmu atau monodisiplin.
c.       IPS dirancang untuk kepentingan pendidikan difokuskan pada dunia persekolahan, sedangkan Ilmu Sosial keberadaannya bisa di dunia persekolahan, PT ataupun di masyarakat umum.
d.      IPS disamping menggunakan Ilmu-Ilmu Sosial sbg bahan pengembangan dilengkapi dengan pertimbangan psikologis dan pedagogis.
e.       Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) lebih menekankan kepada pendekatan multidisiplin atau interdisiplin, dimana topik-topik dalam IPS dapat kita manipulasi menjadi suatu isu, pertanyaan atau permasalahan yang berperspektif interdisiplin.
f.       Ilmu  Sosial bukan merupakan suatu bidang keilmuan atau disiplin bidang akademik, melainkan lebih merupakan suatu bidang pengkajian tentang gejala dan masalah sosial. Dalam kerangka kerja pengkajian studi sosial menggunakan bidang-bidang keilmuan yg termasuk bidang-bidang ilmu sosial.
g.      Ilmu sosial tidak menekankan pada bidang teoritis, namun lebih kepada bidang-bidang praktis dalam mempelajari gejala dan masalah-masalah sosial yg terdapat di lingkungan masyarakat.
h.      Ilmu Sosial merupakan satu pengetahuan praktis yg dapat diajarkan pada tingkat persekolahan, yaitu mulai Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi.

Ilmu IPS dengan ilmu sosial yang lain mempunyai hubungan sebagai berikut :
1. IPS mengambil bahan-bahan dari ilmu sosial.
2. Tidak ada keharusan bahwa semua ilmu sosial perlu diturunkan dalam setiap pokok bahasan IPS, tapi disesuaikan dengan tujuan pengajaran dan perkembangan pesrerta didik.
- Jenjang pendidikan juga ikut menentukan jumlah dan bagian isi ilmu sosial yang akan di ramu menjadi program IPS.
- Kesamaannya IPS dapat disusun dengan mengaitkan atau menggabungkan berbagai unsur ilmu sosial sehingga menjadi menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar