Cari Blog Ini

Laman

Senin, 17 Oktober 2011

mengkaji buku SD kelas II



1. Buku IPS Kelas 2 SD (Buku BSE)
Pengarang :Tri Jaya Suranto
A. Dakir

Kelebihan Buku:
1. Cover buku cukup menarik disertai dengan gambar dan warna yang menarik pula.
2. Di dalam buku terdapat peta konsep yang jelas dan dapat membantu siswa dalam belajar.
3. Terdapat materi ajar yang bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik.
- Kognitif, contohnya: Latihan – latihan soal.
- Afektif, contohnya: Kegiatan menceritakan, menjadi anak kritis.
- Psikomotorik, contohnya: Kegiatan kreativitas dan menyenangkan.
4. Buku disertai dengan contoh – contoh gambar yang berwarna sehingga dapat menarik minat siswa.
5. Di dalam buku terdapat kegiatan mengasah kecakapan social, mengasah imajinasi yang sangat bermanfaat bagi siswa.
6. Bahasa yang digunakan cukup efektif sehingga dapat dipahami oleh siswa.
7. Buku sudah sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Komopetensi Dasar (KD) yang ada.
8. Terdapat Daftar isi dan pemetaan konsep yang jelas.

Kelemahan Buku:
1. Di dalam buku  tidak terdapat kata kunci yang dapat membantu siswa mengingat materi.
2. Rangkuman materi yang cukup singkat.
3. Pada halaman terakhir buku, terdapat glossarium yang terlalu sedikit.

2. Buku IPS Kelas 2 SD (Buku BSE)
Pengarang: Kuswanto
Y. Suharjanto

Kelebihan Buku:
1. Cover buku cukup menarik dengan gambar dan warna yang cerah.
2. Di dalam buku terdapat tujuan pembelajaran dan kata kunci yang baik.
3. Terdapat latihan – latihan tugas yang bersifat kognitif.
4. Terdapat latihan – latihan tugas yang bersifat psikomotorik namun hanya sedikit.
5. Buku sesuai dengan SKKD yang ada.

Kelemahan Buku:
1. Kuarng adanya pemahaman secara afektif.
2. Gambar yang dicontohkan memang berwarna, tapi kurang menarik.
3. Rangkuman yang terlalu singkat.










3. Buku IPS Kelas 2 SD (Bukan Buku BSE)
Pengarang: Tim Bina Karya Guru
Penerbit Erlangga.

Kelebihan Buku:
1. Buku cukup menarik dengan cover yang menarik pula.
2. Di dalam buku terdapat Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang jelas.
3. Daftar isi yang baik.
4. Contoh – contoh gambar yang terdapat dalam buku cukup menarik, karena gambarnya berwarna, sehingga dapat menarik minat siswa.
5. Bahasa cukup efektif.
6. Materi ajar yang diberikan oleh buku kebanyakan bersifat kognitif.

Kelebihan Buku:
1. Kurang adanya pemahaman materi yang bersifat afektif dan psikomotorik.
2. Pada halaman belakang buku tidak disertai dengan glossarium.
3. Harga buku yang terlalu mahal.
4. Rangkuman materi yang cukup singkat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar